Lihatlah tampilan New Mega Pro standar ini, lugu & cungkring abis. Paling parah warna silver, ane punya yang warna hitam aja masih lugu, apalagi yang silver ini.
Ane bahas motornya ya, langan lihat yang lainya...
Bingung mo diapain neh motor, lagian uda terlanjur dibeli. Coba coba modif ringan aja. Penting tampilan culunya berubah jadi lebih kekar, berkarkter, dan radikal. Diluar disainya yang lugu, New Mega Pro punya banyak kelebihan dibanding kompetitornya. Ane punya NMP dan Byson, jujur aja secara tehnologi NMP lebih unggul. Hanya tampangnya aja terlalu standar, terkesan tua dan biasa-biasa aja (kurang berkarakter)
Sasaran pertama adalah headlamp, bentuknya kegedean dan membuat motor ne jadi cungkring. Langsung deh pengal kepalanya, bersihin lalu bungkus trus simpen ditempat yang aman. Cara bukanya gampang kog, pertama buka cover speedometer, lalu copot sleedometernya. Dari sini udah terlihat baut pengunci braketnya di bawah kunci kontak kanan dan kiri. Kalo headlamp standar udah terlepas, tingal pasang pengantinya. Kebanyakan modifikator pake headlamp byson atau Satria FU150, tapi biar beda ane coba aplikasikan headlamp H4 blue reflector model bulat.
Buat user New Mega Pro, yang selama ini dikritik karena penampilan NMP yang lugu gara2 head lamp kegedean coba deh lihat modif sederhana ini. Konsepnya radikal, tapi intinya hanya melakukan ubahan kecil sudah membuat tampilan NMP berubah dari lugu jadi radikal
Shockbreaker standar NMP kecil kurus harus dikamuflase dengan pemasangan selongsong sekaligus berfungsi sebagai braket penyangga headlamp. Sebenernya biasa ja ganti shockbreaker Byson atau USD, tapi kalo pengen ngirit bisa diakalin aja pakai trik ini.
Dari lahir sebenernya neh motor punya banyak klebihan, sayangnya kelebihanya ga terekspos gara2 tampilan lugunya yang terkesan datar. Padalah disainer menginginkan NMP sebagai street fighter.
Ubahan sederana selanjutnya beralih pada pengantian bar punya byson, aplikasi spion M3 yang membuat tampilan terlihat mekar kesamping mengesankan tampang gagah. Pemasangannya tingal PNP aja ke segitiga atas NMP. Jangan lupa tambahkan raiser model tegak biar tampil lebih menonjol dan ga mentok tangki. Demi keselamatan stang jangan beli yang imitasi/kw/atau merk ga jelas ya, beli ori yamaha aja harganya cukup murah.
Untuk memaksimalkan tampilan depan, akan tambah kekar jika spatbor standar diganti dengan spatbor depan Ninja 250 dan ban ukuran 110/70-17. Pemasangan spatbor ninja 250 jangan pake btaket yang terhubung dengan baut as roda ya, akan terlihat kurang rapi. Lebih apik jika pake braket yang dibuat khusus dari dalam, jadi dari luar ga terlihat tapi kuat.
Tampilah depan udah berubah total, berlanjut kebelakang. Aplikasi pendongkrak tampilan belakang bisa gunakan spatbor kolong Byson agar arm lebih berotot. Pemasanganya juga mudah, yang penting beli dulu spatbornya yang ori di dealer yamaha atau di toko vaariasi juga banyak yang ori. Langkah pertama potonglah lubang baut penyangga di bagian tutup rantai kiri depan, lalu beri lubang baru sesuai dudukan rurup rantai NMP. Beri lubang atau coakan dibagian kanan depan untuk memberi jalan selang rem cakram.
Jangan lupa buat coakan dibagian kanan belakang untuk memberi ruang pada kaliper rem (kepala babi). Setel;ah itu beres, tingal pasang pelat adaptor kurang lebih panjangnya 4-5 cm untuk menghubungkan dudukan tutup rantai bagian belakang kiri NMP dengan tutup rantai Byson. Bagian kanan biar rapi, buatkan adaptor untuk baut spatbor bagian kanan (dekat kepala babi) hubungkan dengan baut as roda. Jika sudah, sebelum memasang, cat arm asli NMP dengan warna hitam dof ala byson agar lebih menyatu dengan spatbor kolongnya. Nah, tampilan baru NMP ini sudah terlihat lebih kekar berotot.
Terakhir biar makin oke, ganti ban belakang dengan ukuran 130/70-17 dengan pemilihan motif yang sporty. Sentuhan kecil untuk memaksimalkan finishing touch, copot lampu plat nomor, ganti sein dengan model lebih kecil, lalu cat behel, cakram, tutup tangki dengan warna hitam dof.
REVIEW BEFORE and AFTER
Head Lamp
Spatbor
Swing Arm
Kiri
Kanan
Rear Look
Terakhir, kalo mau lebih yahud pasang kondom tangki warna hitam.
buat modif headlamp bulat , habis berapa biayanya dan lokasi modif nya dimana gan, info ke ane ya di 087712368404
BalasHapusselonsong shocknya punya cb kah apa variasi new megapro pleas reply to ariyadirini@gmail.com
BalasHapuskeren sob . . :)
BalasHapusslongsong nya bikin ndiri apa pake slongsong motor lain???
BalasHapusPliss reply di ferenz755@gmail.com
nama lain dari headlamp h4 apa om?? trus slongsongnya pake apa om?? mhn pencerahan om . inbox ke 082377598413 yaaa om.. makasih .. salam 1 aspal
BalasHapusom itu raisernya merk apa? trus bisa buka kunci magnetnya gak? please reply
BalasHapusmatep..mas total biaya modif nya brp ya? yg saya gk paham selongsong shock gmn caranya ..moho pencerahan
BalasHapusOm mohon bantuan pgn bgt tiger ane di bikin kaya gtu, mohon info beli pangkon atau kupingan samping untuk headlamp dan lampunya jenis apa mohon infoin om need bgt om nalsir bgt 081317665286
BalasHapusOm mohon bantuan pgn bgt tiger ane di bikin kaya gtu, mohon info beli pangkon atau kupingan samping untuk headlamp dan lampunya jenis apa mohon infoin om need bgt om nalsir bgt 081317665286
BalasHapusslongsongnya pke slongsong motor apa? mohon pencerahannya
BalasHapusReply to irfanzidny8@gmail.com
Setahu ane sih biar ga ribet beli ajah di 3H bilang lampu cb beserta selongsongnya,pasti mbk" yang jual pasti tahu
BalasHapusNb:khusus wilayah Surabaya sih
Nb+: harganya sih agak mahal wkwk
Maaf baru momen, sudah lama tidak maen blog.
BalasHapusItu selongsong dan dudukan lampu pake punya Byson produk aftermarket.
Harganya murah, 75rb aja.
Total kira kira habis berapa?
Hapustotal biaya modif brapa gan? ane pnya Nmp gitu mau ta modif kya gitu, mohon di bales
BalasHapusItu masang sen bagian depannya gimana min?
BalasHapus