Rabu, 19 Juni 2013

Black and White

 New Mega Pro vs New Byson

Pada artikel sebelumnya sudah membahas tentang komparasi keduanya dari segi teknis, kali ini giliran perbandingan fotonya. Silahkan disimak penampakanya, kebetulan foto hasil jepretan sendiri.

Dilihat dari segi tampilan fisik kalihatan mencolok kalo disain Byson terkesan lebih brutal dibanding NMP. Dari sisi disain Byson memang menang, bukan saja berdasarkan penilaian subyektif dari penulis tapi juga sudah mendapat pengakuan media nasional.

Yamaha Byson dinobatkan sebagai Motor terbaik Indonesia 2011 dari segi Best Design. Memang tidak berlebihan, ini hanyalah sebuah peresmian dari pengakuan yang sebelumnya sudah ada. Dalam hal ini saya (penulis) adalah pengguna Byson sejak 2013. Dulu pernah bingung antara Honda New Mega Pro atau Yamaha Byson, setelah bisa beli dua duanya baru terasa kalo byson memang unggul diatas NMP dari segi design dan harga. Netral saja saya mengakui bahwa NMP juga unggul dalam hal mesin, performa, dan efisiensi bahan bakar. Dari segi handling kalo saya boleh bilang NMP enak dikendarai, dan byson enak dilihat dan bikin bangga saat dikendarai. Begitulah kira kira kata2 awam yang bisa saya gambarkan diari keduanya.

Saya bukan biker sejati, naik motor juga gak begitu bisa kenceng (takut jatoh). Tapi begitu lihat byson berkeliaran dirimba jalan raya hatu langsung tertarik untuk memiliki. Beneran, daya tariknya sangat kuat tuh motor. Sampai sampai pada waktu sudah punya NMP belum cukup mengobati keinginan untuk beli byson.

Dari pengamatan disain dan bentuk part yang dipakai juga terbukti Byson paling murah dikelasnya dan after sale value stabil, berikut ini buktinya:

1. Shock depan Byson berukuran sama dengan yang dipakai CBR 250 dan Ninja 250 yang harga motornya dibanderol diatas 45jt, sedangkan Byson hanya dijual 20jt-an.
2. Lebar velg dan ukuran ban setara dengan CBR150 yang harganya diatas 130jt
3. Disain radikal Byson hanya ada pada moge kelas dunia seperti Ducati
4. Byson 2nd harga jualnya lebih tinggi dibanding NMP

Terakhir, kesan yang tertingal dari perbandingan keduanya adalah: NMP ibarat cowok kantoran yang berpakaian serba rapi, sedangkan Byson ibarat anggota pasukam elit berbadan kekar lengkap dengan seragam dan persenjataannya.

Kamis, 23 Mei 2013

Tip Merawat Kolam Renang




Kolam renang adalah salah satu asesoris yang kita bisa tambahkan untuk membuat hidup keluarga lebih menyenangkan. Sebuah kolam renang dapat menambah suasana yang bagus ke seluruh struktur. Tidak mudah untuk merawat dan menjaga kebersihan dan keselamatan saat berada di kolam renang.

Beberapa waktu yang lalu kami telah memaparkan beberapa tips tentang bagaimana cara merawat furnitur dan interior dengan baik. Kali ini, kami ingin memberikan beberapa tips tentang cara untuk menjaga keamanan dan kebersihan kolam renang. Anda mungkin terbiasa mempekerjakan orang lain untuk melakukannya, tapi tetap lebih baik jika Anda mengetahuinya. Inilah tips untuk merawat kebersihan dan keamanan di kolam renang :

    Periksa sistem pembersihan dan kejernihan air kolam secara berkala
Jika Anda melihat air kolam sudah tidak layak pakai lagi, Anda harus mengabaikan jadwal pembersihan dan membersihkannya sekarang juga. Kadang-kadang ketika ada tamu yang datang atau kerika kondisi cuaca yang tidak bersahabat, kita tidak bisa menghindari masalah ini. Oleh karena itu, periksalah kolam renang sesering mungkin, terutama ketika kondisi cuaca atau angin yang dapat membawa kotoran ke dalam kolam. Dengan demikian akan mencegah kolam Anda dari kondisi yang tidak diinginkan.

    Perhatikan sumber air
Anda harus memastikan tangki dan tabung bekerja baik dan sempurna. Lakukan hal ini seminggu sekali. Pastikan bahwa tingkat air juga dipantau sekitar dua kali sebulan sehingga mengurangi kemungkinan penggunaan air yang tidak steril.

    Menjaga tingkat kandungan berbagai zat dalam air
Hal ini harus dilakukan minimal dua kali dalam seminggu. Dalam melakukan hal ini, Anda harus mengetahui jenis klorin yang akan digunakan dan berapa banyak. Jumlah yang diperlukan tergantung pada luas kolam renang yang Anda miliki. Klorin juga dapat digabungkan dengan bahan kimia lain untuk menjaga tingkat kandungan zat-zat yang ada dalam air kolam renang Anda.

    Bersihkan keranjang skimmer
Keranjang skimmer berfungsi untuk melindungi kolam dari kotoran dan limbah. Bersihkan minimal sekali dalam seminggu atau kapan saja jika harus dibersihkan. Untuk kolam renang yang berada di luar ruangan, pembersihan tergantung pada kondisi cuaca dan harus lebih sering dibersihkan.

    Cek kondisi pompa
Pompa kolam renang mengatur energi agar lebih efisien. Pompa akan membantu sirkulasi air kolam karena bertindak sebagai pendorong utama. Bagian penyaring dan tabung harus dibersihkan minimal dua kali sebulan.

    Bersihkan filter
Filter memang tidak perlu dibersihkan terlalu sering. Pembersihan jangka panjang  memang cukup baik tapi ketika ada hal-hal tertentu seperti setelah hujan badai, lebih baik untuk lebih sering membersihkannya. Hal ini akan membuat Anda aman dari bahan kimia dan benda-benda yang tidak diinginkan. Oleh karena itu lebih baik dibersihkan daripada menimbulkan penyakit.

    Berihkan lantai dan dinding kolam renang
Anda pasti tidak ingin ubin kolam renang terlihat kotor dan kumuh, jadi lebih baik bersihkanlah minimali sekali seminggu. Sikat seluruh bagian kolam renang termasuk sudut-sudut yang sulit dijangkau. Hal ini berguna untuk menghilangkan alga dan lumut. Pembersihan seluruh bagian kolam renang ini merupakan salah satu cara untuk menjaga tampilan kolam renang tetap seperti baru.

    Perhatikan tiap bagian penyusun kolam renang
Anda harus bertindak cetap setelah melihat ada retakan kecil di kolam renang Anda. Periksa setiap bagian, jika memang ada yang yang retak pastikan untuk segera menambalnya agar tidak melebar ke bagian lainnya. Hal ini untuk menghindari adanya air yang mengalir masuk ke dalam kolam tanpa melalui filter.

    Pencahayaan kolam renang
Listrik merupakan sumber tenaga lampu. Pastikan tidak ada kabel yang robek atau katup yang retak untuk menghindari kecelakaan. Pencahayaan kolam renang yang tepat akan memberi suasana romantis di malam hari. Kondisi lampu akan lebih baik jika diperiksa seminggu sekali untuk keselamatan.

    Menjaga tingkat pH dalam kisaran 7,2 - 7,6
Hal ini dilakukan untuk efisiensi cholorine dan juga untuk mencegah tumbuhnya ganggang atau lumut di kolam renang. Ada alat tester khusus untuk membantu Anda memeriksa tingkat pH. Dengan cara ini, Anda akan tahu kapan harus melakukan pembersihan kolam renang.

Beberapa tips di atas mungkin terlihat agak rumit, tetapi jika Anda sudah terbiasa dengan rutinitas pasti tidak akan menjadi pekerjaan yang berat. Hal ini sama halnya seperti menjaga kondisi interior agar tetap bersih atau mungkin mempertahankan daya tarik taman rumah Anda. Dengan kolam renang yang aman dan bersih, tidak perlu khawatir tentang gangguan keamanan dan kesehatan.

Jumat, 10 Mei 2013

Sejarah Honda S90

Honda S90.  Diproduksi th 1964-1969, memiliki 4 warna: Putih, Hitam, Biru Permen, dan Merah. Model awal memiliki warna Red Scarlet sementara model selanjutnya Candy Red. Pra-68 model memiliki fender dicat perak, tetapi yang diproduksi setelah Maret 1968 chrome fender. Pra-68 model hanya non-logam warna, tetapi setelah Maret 1968, mereka dibuat dengan warna permen. Mesin yang dipakai OHC 89cc silinder tunggal, transmisi  4-speed dengan kopling manual.


S90 dengan isi silinder OHC mesin berpendingin udara tunggal bertransmisi empat percepatan. Tidak ada tachometer tapi speedometer menunjukkan kecepatan dan indikator untuk setiap gigi. Top speed diklaim bisa mencapai 64 mph. Mesin ini bertenaga 8 tenaga kuda, sebagaimana dibuktikan dalam surat tertulis the Reliable Co, satu-satunya dealer Honda pada saat itu di Winnemucca, Nevada, dalam rangka untuk memadamkan keluhan dari Highway Patrol divisi penjualan untuk pengendara muda. (Rating di bawah 6.5HP merupakan syarat di Nevada untuk lisensi sepeda motor bertenaga rendah untuk mereka 14 dan lebih, sampai usia 16. Ada 35 mph kebutuhan kecepatan tertinggi, yang dikontrol oleh operator.)

Sebuah silinder besi di belakang karburator sebagai saringan udara. Chasis di bawah tempat duduk berbentuk kompartemen yang utuh. Bingkai terbuat dari baja. Mesin ini tidak dimaksudkan untuk off road, sebagaimana dibuktikan oleh sempitnya handle bar, "universal" ban jalan raya, dan tidak ada aksesoris untuk perjalanan tersebut.
Ada berbagai model termasuk Honda S90, CS90, Sport 90, Super 90 dan Benly 90.
Tampak Kiri

Tampak Kanan
 
Seiring dengan bertambahnya umur, S90 semakin digemari (khususnya oleh kolektor). Ini bukti bahwa S90 adalah motor antik yang layak untuk dimiliki

Kolektor S90

Senin, 22 April 2013

Test drive midle trip All New Avanza 201

Resolusi 2013 DONE [All New Avanza 2013 Putih] 

Sesuai judul, posting kali ini adalah tentang test drive unit All New Avanza 2013. Sedikit beda sama test drive dan artikel komparasi yang dilakukan oleh media. Test drive kali ini bersifat pengalaman subyektif dari penulis. Sabtu, 20 april 2013 tepatnya dilulailah perjalanan 500 km menggunakan unit All New Avanza 2013 warna putih diatas. Tepat satu minggu setelah mobil baru ini dikirim oleh Auto 2000 ke rumah. Berangkat dari malang jam 6 pagi, mobil dipacu menyusuri rute

Berangkat:
- malang
- pandaan
- masuk arteri porong baru
- keluar tol gresik (kebomas)
- lamongan
- tuban
- pegunungan penghasil minyak blok cepu
Pulang:
- pegunungan penghasil minyak blok cepu
- tuban
- lamongan
- masuk tol gresik (kebomas)
- keluar arteri porong baru
- pandaan
- malang

Medan yang dilalui berfariasi, mulai jalan propinsi double way (malang - porong), tol dengan kontur patahan di tol kebomas, jalur pantura antara gresik - lamongan dengan kontur penebalan di berbagai titik, jalan makadam dan tanah berlumpur bekas aspal yang rusak karena usia di pegunungan wonosari (tempat observasi minyak blok cepu), jalan desa yang sempit, sampai tanjakan 45 derajat.

Kestabilan
Hal ini diukur pada kecepatan antara 100 - 120 km/jam di ruas tol tertentu, hasil menunjukkan tidak ada masalah berarti soal kestabilan handling maupun mesin. Hanya ada sedikit gangguan suara berisik saat dipacu di jalan arteri porong baru yang permukaanya belum dilapisi aspal (permukaan beton).

Kenyamanan
Baik pengemudi maupun penumpang (saat test drive mobil berpenumpang 4 orang) masih terasa nyaman dan tidak ada masalah saat perjalanan. Memang tidak senyaman Grand Innova, tetapi untuk ukuran mobil kecil hentakan mendadak saat masuk lubang atau speed trap masih bisa dimaklumi. Sedikit kekurangan timbul di kisi2 AC yang tidak ada fitur penyetelan arah semburan ke bawah, tengah, atas, atau kaca. Hal ini membuat semburan kisi2 tengah dan samping memyembur terlalu kuat ke penumpang di posisi jok baris kedua.

Konsumsi bahan bakar.
Pengukuran konsumsi bahan bakar dari tangki penuh (45 liter) pada saat berangkat dari malang, indikator bahan bakar penuh (8 bar). Pada saat kembali ke malang lagi dengan catatan jarak tempuh 510 km, indikator bahan bakar trsisa 3 bar. Maka bisa diperhitungkan secara sistematis sebagai berikut::

Indikator BBM penuh : 8 bar
Indikator BBM sisa : 3 bar

Sisa BBM : 3/8 = 37,50%
Liter tersisa : 45 x 37,5% = 16,88 liter
Liter terpakai : 45 - 16,88 = 28,12 liter

Perhitungan konsumsi BBM
Jarak tempuh 510 km
BBM terpakai 28,12 liter
Konsumsi BBM : 510/28.12 = 18,14 km/liter

Speed dan akselerasi
All New Avanza terasa berat diputaran bawah, dari sisi akselerasi boleh dibilang biasa saja. Dari sisi speed performanya cukup mempuni, bahkan tergolong bagus di kecepatan antara 80 - 100 km/jam. Kelemahan cukup mencolok saat mendaki tanjakan dengan sudut 45 derajat. Awalnya cukup santai menjak dengan gigi 2, namun pada saat ditikungan dan harus turun ke gigi 1 dan selanjutnya pada saat dinaikkan kembali ke gigi 2 tenaganya terasa habis. Mungkin ini akibat dari cara kerja VVTI. System bahan bakar in didisai untuk seifisien mungkin. Akibatknay saat butuh power mendadak mesin tidak responsif, tetapi pada saat putaran mesin tinggi di kecepatan 80 - 100 km/jam akselesasi mesin terasa penuh dan powerfull. Bahkan untuk pempertahankan kecepatan tidak perlu menahan gas terus menerus, hanya cukup injak gas sesekali saja mobil sudah bisa melaju di kecepatan konstan 80 - 100 km/jam.

Disain dan fitur
Dari sisi disain sudah cukup jauh berkembang dari pada generasi terdahulinya. hal paling menonjol terlihat dari disain front bumper yang sudah cukup ergonomis (all new avanza dan veloz), kemudian disain datar kaca belakang dipadu tonjolan stop lamp menyiratkan garis disain masa depan yang dinamis. Sengaja saya pilih type paling bawah karena kurang suka edngan panel chrome yang ada di type G dan Veloz. Ubahan mencolok juga terlihat di sisi interior. Disain dasboard baru dipadu dengan jog yang tipis dan mengotak membuat kabin terasa lebih lapang dari generasi sebelumnya. Fitur cukup lengkap, bahkan di type paling bawah sudah mengaplikasi tilt steering, AC double blower, electric miror, central door lock, toyota security system. Panel takometer analog juga sudah diganti dengan digital, secara keseluruhan sudah cukup mewakili small MPV keluarga yang cocok untuk pemilik pemula.