Senin, 22 April 2013

Test drive midle trip All New Avanza 201

Resolusi 2013 DONE [All New Avanza 2013 Putih] 

Sesuai judul, posting kali ini adalah tentang test drive unit All New Avanza 2013. Sedikit beda sama test drive dan artikel komparasi yang dilakukan oleh media. Test drive kali ini bersifat pengalaman subyektif dari penulis. Sabtu, 20 april 2013 tepatnya dilulailah perjalanan 500 km menggunakan unit All New Avanza 2013 warna putih diatas. Tepat satu minggu setelah mobil baru ini dikirim oleh Auto 2000 ke rumah. Berangkat dari malang jam 6 pagi, mobil dipacu menyusuri rute

Berangkat:
- malang
- pandaan
- masuk arteri porong baru
- keluar tol gresik (kebomas)
- lamongan
- tuban
- pegunungan penghasil minyak blok cepu
Pulang:
- pegunungan penghasil minyak blok cepu
- tuban
- lamongan
- masuk tol gresik (kebomas)
- keluar arteri porong baru
- pandaan
- malang

Medan yang dilalui berfariasi, mulai jalan propinsi double way (malang - porong), tol dengan kontur patahan di tol kebomas, jalur pantura antara gresik - lamongan dengan kontur penebalan di berbagai titik, jalan makadam dan tanah berlumpur bekas aspal yang rusak karena usia di pegunungan wonosari (tempat observasi minyak blok cepu), jalan desa yang sempit, sampai tanjakan 45 derajat.

Kestabilan
Hal ini diukur pada kecepatan antara 100 - 120 km/jam di ruas tol tertentu, hasil menunjukkan tidak ada masalah berarti soal kestabilan handling maupun mesin. Hanya ada sedikit gangguan suara berisik saat dipacu di jalan arteri porong baru yang permukaanya belum dilapisi aspal (permukaan beton).

Kenyamanan
Baik pengemudi maupun penumpang (saat test drive mobil berpenumpang 4 orang) masih terasa nyaman dan tidak ada masalah saat perjalanan. Memang tidak senyaman Grand Innova, tetapi untuk ukuran mobil kecil hentakan mendadak saat masuk lubang atau speed trap masih bisa dimaklumi. Sedikit kekurangan timbul di kisi2 AC yang tidak ada fitur penyetelan arah semburan ke bawah, tengah, atas, atau kaca. Hal ini membuat semburan kisi2 tengah dan samping memyembur terlalu kuat ke penumpang di posisi jok baris kedua.

Konsumsi bahan bakar.
Pengukuran konsumsi bahan bakar dari tangki penuh (45 liter) pada saat berangkat dari malang, indikator bahan bakar penuh (8 bar). Pada saat kembali ke malang lagi dengan catatan jarak tempuh 510 km, indikator bahan bakar trsisa 3 bar. Maka bisa diperhitungkan secara sistematis sebagai berikut::

Indikator BBM penuh : 8 bar
Indikator BBM sisa : 3 bar

Sisa BBM : 3/8 = 37,50%
Liter tersisa : 45 x 37,5% = 16,88 liter
Liter terpakai : 45 - 16,88 = 28,12 liter

Perhitungan konsumsi BBM
Jarak tempuh 510 km
BBM terpakai 28,12 liter
Konsumsi BBM : 510/28.12 = 18,14 km/liter

Speed dan akselerasi
All New Avanza terasa berat diputaran bawah, dari sisi akselerasi boleh dibilang biasa saja. Dari sisi speed performanya cukup mempuni, bahkan tergolong bagus di kecepatan antara 80 - 100 km/jam. Kelemahan cukup mencolok saat mendaki tanjakan dengan sudut 45 derajat. Awalnya cukup santai menjak dengan gigi 2, namun pada saat ditikungan dan harus turun ke gigi 1 dan selanjutnya pada saat dinaikkan kembali ke gigi 2 tenaganya terasa habis. Mungkin ini akibat dari cara kerja VVTI. System bahan bakar in didisai untuk seifisien mungkin. Akibatknay saat butuh power mendadak mesin tidak responsif, tetapi pada saat putaran mesin tinggi di kecepatan 80 - 100 km/jam akselesasi mesin terasa penuh dan powerfull. Bahkan untuk pempertahankan kecepatan tidak perlu menahan gas terus menerus, hanya cukup injak gas sesekali saja mobil sudah bisa melaju di kecepatan konstan 80 - 100 km/jam.

Disain dan fitur
Dari sisi disain sudah cukup jauh berkembang dari pada generasi terdahulinya. hal paling menonjol terlihat dari disain front bumper yang sudah cukup ergonomis (all new avanza dan veloz), kemudian disain datar kaca belakang dipadu tonjolan stop lamp menyiratkan garis disain masa depan yang dinamis. Sengaja saya pilih type paling bawah karena kurang suka edngan panel chrome yang ada di type G dan Veloz. Ubahan mencolok juga terlihat di sisi interior. Disain dasboard baru dipadu dengan jog yang tipis dan mengotak membuat kabin terasa lebih lapang dari generasi sebelumnya. Fitur cukup lengkap, bahkan di type paling bawah sudah mengaplikasi tilt steering, AC double blower, electric miror, central door lock, toyota security system. Panel takometer analog juga sudah diganti dengan digital, secara keseluruhan sudah cukup mewakili small MPV keluarga yang cocok untuk pemilik pemula.

1 komentar: