Minggu, 31 Maret 2013

Test Ride CB160 Classic

Resolusi 2013 DONE [CB160 Classic Putih]

Sesuai judul, test Ride CB160 Classic. Kayaknya motor kenceng neh, siap2 masuk angin. Sebelum lanjutin cerita flash Back dulu ttg gimana awal dapetin neh motor. Begini ceritanya, motor ini ane beli tahun lalu dalam kondisi gak stabil, mesin kasar, kalter banyak yang pilek (rembes). Sehari setelah beli, langsung masuk bengkel buat bedah total daleman mesin biar alus lagi ama ngobiati pileknya. Setelah jadi, kira2 sebulan langsung test Ride tahap pertama. Suara gahar, iseng pengen tes kecepatan. Saking kuatnya sentakan awal waktu pertama start, rantai putus. Masuk bengkel lagi, ganti rantai roda. Masih dihari yang sama, coba geber jarak menengah. Dari lapangan tampal ke singosari. Akhirnya selamat sampai Singosari. Tapi kurang puas, mesin masih agak kasar. Besok paginya juga ketahuan klo pileknya belum sembuh. Gara2 mesin rembes jadi malas pake, akhirnya motor jadi pajangan di garasi ada sekitar 1th. Saking lamanya ga dipake, ternyata mesinya ga bisa idup alias mati suri.

Maret 2013 ada temen yg nawarin bongkar sekalian ngobatin rembesnya, maka diangkutlah motor ke bengkel temen yang spesialis bedah organ dalam CB. 2 Minggu kemudian jadilah CB normal kembali dengan mesin anti rembes. Setelah di test Ride 1 hari ternyata masalah muncul, magnet nyerempet spul,kalo diterusin lama2 spul bisa kebakar. Ga mau ambil resiko maka dilakukan kembali bedah mesin sesion 3 (berharap ini yang terakhir). Setelah berbagai pertimbangan akhirnya kalter kiri, spul, magnet yang awalnya pake punya Tiger diganti pake GL PRO. Kata si dokter sih lebih aman, oke ane ngikut aj yg penting jadi. Setelah 1 Minggu dilakukan operasi intensif, maka kembalilah si CB160 Classic mendapatkan rohnya yang sempat hilang.

Dihari yang telah ditentukan, 31 maret 2013 dilakukan test Ride (lagi). Waktu mesin pertama diidupin, terdengar semburan suara gahar dari knalpot. Begitu knalpot disumbat. Suara mesin bersih, halus, tanpa terdengar suara ganjil. Kali ini di test dalam kondisi basah, si putih ane pacu dalam kondisi ujan lebat. Start dari candi mendut menuju singosari, pertama lancar tanpa ada masalah. Tapi ujan turun semakin deras, percikan air dari ban depan ukuran 130/100/17 nyemprot kemana mana. Setelah melintasi rel kereta bawah fly ofer tiba2 mesin tersendat dan mati. Setelah bantuan datang, ternyata baru ketahuan permasalahanya. Air masuk ke karburator cz filter belum terpasang. Lebih parah lagi, soket CDI basah kena semprotan air ujan dari roda depan. Setelah kuras bensin di penampung karburator, ganti busi baru & CDI akhirnya idup lagi. Tapi pengalaman ini seru, baru kali ini ngalamin naik motor mogok ditengah ujan gede. Klo cuma naek motor keujanan itu biasa, ato motor mogok tapi ga keujanan itu sih wajar. Tapi klo ngalamin dua2nya dalam waktu bersamaan itu baru super sekaleee...!
Teringat dulu pernah pake taft, mesin mati di tengah ujan. Gara2 ada kebocoran di pipa saluran solar in trus jadi masuk angin akut. Tapi klo di taft lebih mending, cz HP & peralatan elektronik lainya masih bisa aman di dalam kabin. Tapi waktu benerin mesin sama2 sengsara. Bayangin aj, ditengah ujan yang dingin musti buka kap mesin yg panas. Atas basah kutub kedinginan, sementara bawah ada mesin diesel 2.600 cc yang membara, kepleset dikit bisa luka bakar tuh.
Kembali ke CB160 Classic, sesampainya dirumah. Langsung si CB ane tata ulang, pasang karet filter biar aman, trus posisi CDI pindah agak kebelakang (bawah jok) trus ane bungkus pake plastik biar aman dari serangan air ujan. Setelah itu ane cuci bersih trus poles body, mesin, ban sampai keliatan seger lagi. Sorenya pake keliling2 kota sekedar panasin mesin sampai malem. Dan sampai saat ini mesin terbukti sehat bertenaga, aman, halus, dan yang paling penting gak rembes. (setelah 3 kali bongkar mesin) Selanjutnya tinggal ditongkrongin di garasi, sambil sesekali dipake buat harian klo lagi pengen.

Hasil test Ride CB160 Classic
Akselerasi  : lebih spontan dibanding Tiger standar
Mesin        : halus ga berisik, bebas rembes
Transmisi   : perpindahan gigi normal seperti mesin tahun muda 

Minus      : RPM tinggi bergetar, artinya tenaga masih ada tapi body tidak menunjang.

1 komentar: