Kamis, 18 April 2013
Selasa, 09 April 2013
Sejarah Lahirnya Byson Indonesia
Ini dia pelopor kemunculan Yamaha Byson Indonesia, Yamaha YZ. Karena versi CBU YZ masih menggunakan mika lampu sein berwarna kuning, hal ini adalah aturan baku undang undang lalu lintas yang berlaku secara Internasional.
Sedangkan pada warna hitam di bawah ini terlihat ada frame pengaman di sisi kiri belakang. Ini adalah pengaman khusus yang wajib diterapkan pada motor yang dipasarkan di India, berfungdi sebagai pengaman sari (baju tradisional wanita india)
Berikutnya mari kita simak generasi Byson yang dipasarkan di Indonesia mulai tahun 2010. Byson 2013 adalah keluaran terbaru Yamaha Byson di Indonesia. Selama kemunculanya pada 2010 silam, Byson sudah tiga kali berganti striping, terakhir pada 2013 disertai perubahan warna hitam pada frama lampu, Chasis samping dan segitiga cover filter, serta cover knalpot. Selain menambah nuansa kekar dan utuh, hal ini juga dimaksudkan untuk menyamarkan bentuk kick starter yang terlihat aneh.
Warna Putih
2010
2012
2013
Warna Hitam
2010
2012
Warna Biru
2010
2012
2013
Warna Merah
2010
2012
2013
Warna Gold
Warna Gold hanya hadir di varian tahun 2012
Berikut ini sepsifikasi Yamaha Byson
Dimensi :
PxLxT : 2.075 mm x 780 mm x 1.045 mm
Jarak sumbu roda : 1.334 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 790 mm
Berat isi : 135 kg
Kapasitas tangki bensin : 12 liter
Mesin :
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, 2 klep, berpendingin udara
Jumlah/posisi silinder : Silinder tunggal/tegak
Volume silinder : 153 cm3
Diameter x langkah : 58,0 x 57,9
Perbandingan kompresi : 9,50:1
Daya maksimum : 10,1 PS / 7.500 rpm
Torsi maksimum : 10,5 Nm / 5.500 rpm
Sistem starter : Elektrik starter dan kick starter
Sistem pelumas : Basah
Kapasitas oli mesin : Total 1,2 liter, pergantian berkala 1 liter
Tipe karburator : Mikuni BS26X1
Tipe kopling : Basah, kopling manual
Tipe transmisi : 5 percepatan (1-N-2-3-4-5)
Rangka :
Tipe rangka : Diamond
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Suspensi Monocross
Ban depan : Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ban belakang : Tubeless 120/70-17M/C 58P
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Tromol
Kelistrikan :
Sistem pengapian DC CDI
Battery : YTZ5S (MF Battery)
Tipe busy : NGK CPR 8EA-9
Senin, 08 April 2013
Komparasi Positif Sport Honda vs Yamaha
Yamaha Byson vs Honda NMP
Ayo kita bandingkan dari kelas terbawahnya, kita mulai dari Byson vs New Mega Pro [NMP]. Kebetulan untuk kelas ini penulis adalah pemakai dua duanya.
Honda New Mega Pro [NMP]
Yamaha Byson
Disain
Dari segi disain terlihat nyata bahwa NMP sudah benyak berubah dari generasi sebelumnya. Disain NMP boleh dibilang manis dan kompak, bahkan bisa dibilang terlalu lembut garis disainya untuk ukuran Street Fighter. Sedangkan Byson mengandalkan garis disain yang radikal, mencerminkan tungangan lelaki yang menonjolkan kesan maskulin. Bahkan dari garis disain Byson lebih cocok disebut Street Fighter. Jika NMP terkesan manis dan kompak, Byson terkesan radikal dan berotot (terlihat jelas pada pemakaian ban besar dengan velg lebar dan shock breaker depan super kekar.
Fitur
NPM: Double Disc Break, lubang kunci kontak dengan cover pelindung, Odo/Trip meter digital tapi RPM analog. Velg alloy ukuran standar [CW].
Byson: Depan Disc Break tapi belakang drum break, lubang kunci kontak tanpa cover pelindung,
Odo/Trip meter dan RPM semua digital. Velg alloy ukuran lebar [CW], Sistem knalpot dengan sirkulasi dan filtrasi ganda, tangki BBM dengan cover layaknya moge kelas dunia.
Mesin
Honda New Mega Pro mengusung mesin 4-langkah OHC berpendingin udara
berkapasitas 149,2cc, dengan rasio kompresi 9,5:1. Mesin ini mampu
menghasilkan tenaga maksimum 13,51 hp/8500 rpm dan torsi 12,85 Nm pada
6500 rpm. Tenaga dan torsi ini disalurkan ke permukaan ban melalui
transmisi lima kecepatan.
Yamaha Byson mengusung mesin 4-langkah SOHC berpendinginan udara berkapasitas 153 cc, dengan rasio kompresi 9,5:1. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 13,22 hp / 7500 rpm dan torsi 13,6 Nm pada 5500 rpm. Tenaga dan torsi ini juga disalurkan ke permukaan ban melalui transmisi lima kecepatan. Pihak YMKI selaku ATPM menyebutkan, mesin Byson pun mudah untuk dioprek. Meski hal ini tentu saja tidak direkomendasi pihak YMKI, jika Anda ingin fasilitas garansi yang ditawarkan tetap berlaku hingga batas waktu yang ditetapkan.
Yamaha Byson mengusung mesin 4-langkah SOHC berpendinginan udara berkapasitas 153 cc, dengan rasio kompresi 9,5:1. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 13,22 hp / 7500 rpm dan torsi 13,6 Nm pada 5500 rpm. Tenaga dan torsi ini juga disalurkan ke permukaan ban melalui transmisi lima kecepatan. Pihak YMKI selaku ATPM menyebutkan, mesin Byson pun mudah untuk dioprek. Meski hal ini tentu saja tidak direkomendasi pihak YMKI, jika Anda ingin fasilitas garansi yang ditawarkan tetap berlaku hingga batas waktu yang ditetapkan.
Strategi Harga
Pada awal peluncuranya kedua motor ini sama sama mengunakan basis harga sport new entry dibawah 20 jutaan dengan banderol 19,5jt untuk NMP dan 19,9jt untuk Byson (OTR DKI Jakarta). Pada awalnya penjualan NMP meledak karena stock tersedia disertam tambahan discount. Disisi lain meroketnya penjualan NMP juga akibat kelangkaan unit Byson sehingga babarapa konsumen yang tidak mau menunggu lama untuk tunggangan baru mengalihkan pilihan ke NMP (termasuk yang penulis alami). Pada saat NMP laris manis, Byson malah membatasi unit ready untuk tujuan strategi promosi dan juga strategi harga.
Strategi promosi: Apabila semakin sedikin Byson yang berseliweran di jalanan maka konsumen potensian akan semakin penasaran dan berjuang untuk mendapatkan Byson walaupun harus inden. Strategi harga: Selayaknya hukum ekonomi, jika supplay dibatasi dan demand bertambah maka karga akan naik. Hal ini benar benar terjadi, bahkan harga Byson di pasar motor bekas sempat sangat melambung. Sebaliknya harga NMP bekas semakin turun karena supplay yang berlimpah ditambah lagi dengan kemunculan Versa. Setrategi harga Byson boleh dibilang brilian, karena bisa mendongkrak harga baru naupun bekas. Hal ini dilakukan karena memang jika kita cermati harga Byson terlalu murah untuk profil motor yang seeba gede macam ini. Menurut estimasi pribadi penulis, harga layak untuk Byson adalah sekitar 29jt. Dengan pertimbangan, [1] Ukuran shock breaker depan setara Ninja 260 yang harganya diatas 50jt, [2] Ukuran Velg dan Ban setara CBR 150 harga diatas 130jt. System cover tangki dan double selencer setara moge kelas dunia.
Honda CB150R vs Yamaha New Vixion
Mesin
Walaupun sama-sama 150 cc, Honda CB150R dan Yamaha New V-Ixion punya beberapa perbedaan mendasar pada spesifikasi. Perbandingan Honda CBR dan Yamaha Vixion
CB150R
menawarkan karakter overbore 63,5 x 47,2 mm, DOHC 4 klep berpendingin
cairan transmisi 6 speed. Sedang New V-Ixion mengandalkan mesin lamanya,
karakternya hampir square 57 x 58,7 mm, SOHC 4 klep berpendingin cairan
transmisi 5 speed.
Pasokan bensin
keduanya injeksi, hanya beda di detail dan kelengkapan sensor karena
New V-Ixion sudah pakai 02 sensor, sedang CB150R belum. Aliran udara ke
ruang bakar dikawal dengan throttle body (TB) 28 mm sedang CB150R lebih
besar pakai TB 30 mm. Nah... Kini
saatnya dicoba lewat dua pengetesan yang berbeda. Pertama uji akselerasi
pakai racelogic. Dan yang kedua langsung dinaikan ke atas dynamometer,
untuk melihat power dan torsinya secara real dalam kondisi lingkungan
yang sama dan mesin dyno yang sama pula.
Hasil tes
akselerasi, StreetFire unggul dari Lightning. Dites pakai Racelogic oleh
1 tester berpostur 173 cm 65 kg di bawah 0-60 km/jam StreetFire hanya
butuh 3,8 detik. Sementara Lightning perlu 4,1 detik. Jarak 201 meter
CB150R unggul dengan 11 detik, berbanding V-Ixion 11,3 detik. Sementara
jarak 402 meter ditempuh oleh CB150R hanya 18,2 detik sedang V-Ixion
18,4 detik. Top speed
keduanya beda tipis, andalan Honda 135 km/jam sedang Yamaha 132 km/jam,
dites dengan trek 1 km. Data lain ada di bawah.. Silahkan dilihat dan
dibandingkan.
Keunggulan
CB150R ditunjang karakter mesin overbore yang melengking cepat di rpm
menengah ke atas dengan nafas panjang, ditambah rasio 6 speed rapat plus
rasio akhir ringan. Sedang V-Ixion cenderung rata, dari bawah sampai
atas rpm naik stabil. Mengandalkan feeling, mesin CB150R terasa lebih
bulat dan halus sementara V-Ixion sedikit kasar. Tak cukup
akselerasi dan top speed, kami juga penasaran dengan potensi mesin on
wheel, Saat dites pakai dynamometer. Hasil mengejutkan Baik tenaga
maupun torsi V-Ixion ternyata lebih besar dari CB150R!
Anda terkejut?
Sama dong! Bahkan kami sampai mengukur di dua tempat berbeda. Pertama
di-dyno milik Aerospeed, Jl. Haji Nawi 74, Jaksel. Kedua, di Sportisi
Motorsport, Jl. Tenggiri 4A Rawamangun, Jaktim. Ternyata hasilnya
identik, tetap lebih besar V-Ixion. Tepatnya di
dynamometer Dynojet 250i milik Sportisi tenaga V-Ixion 14,17 dk pada
8.850 rpm dan torsi 12,76 Nm pada 7.050 rpm. Sementara CB150R 13,45 dk
pada 10.300 rpm torsi 10,83 Nm pada 7.800 rpm. Kedua motor kondisi
standar pabrik dengan bahan bakar yang sama.
Honda CB150R
Yamaha New Vixion
Disain
Desain bodinya, mulai dari tangki hingga buntut terkesan lebih dinamis.
Garis bodinya didominasi oleh garis-garis lengkung yang enak dipandang.
Head lamp meruncing dan bagian buntut yang, peleknya palang enam dan
sepatbor depannya serupa CBR250R.
Sedang Yamaha New V-Ixion
lebih agresif. Garis-garis tajam membuatnya terlihat lebih kokoh. Sasis
deltabox-nya yang menjadi dominan di bagian samping juga menambah
simplisitas motor sport andalan Yamaha ini. Beberapa menjadi unggulan
Yamaha adalah inovasi behel belakang yang menyatu dengan bodi, pelek
lebar serta desain panel indikator yang lebih mungil dan nampak sporty
tapi tetap fungsional.
Honda Tiger Revo vs Yamaha New Scorpio Z
Pertama, dari spesifikasi mesin. Si
Macan bermesin 196,9 cc sedangkan si Kalajengking 223 cc. Keduanya
sama-sama bertipe 4 tak SOHC 2 klep berpendingin udara plus overbore
alias diameter piston lebih lebar daripada stroke atau langkah piston.
Dibandingkan dari daya maksimum maupun torsi maksimum, si Kalajengking
menang telak dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Skor 0-1.
Selengkapnya soal perbandingan spesifikasi mesin monggo disimak pada
tabel berikut..
Spesifikasi Mesin | New Tiger | New Scorpio |
Diameter x Langkah | 63,5 x 62,2 mm | 70,0 x 58,0 mm |
Volume Silinder | 196,9 cc | 223 cc |
Perbandingan Kompresi | 9,0 : 1 | 9,5 : 1 |
Daya Maksimum | 16,7 PS/8500 rpm | 18,2 PS/8000 rpm |
Torsi Maksimum | 1,60 kgf.m/7000 rpm | 1,78 kgf.m/6500 rpm |
Kedua, dari segi purna jual dan
perawatan. Kita tahu, Honda Tiger sudah sejak lama meluncur dengan mesin
seri GL200, namanya telah melegenda dengan beberapa kali facelift.
Begitu pula Yamaha Scorpio dengan mesin 225-nya hingga kini dengan
desain body baru. Dalam hal perawatan, walaupun tanpa data riil, dapat
ditarik kesimpulan singkat dari populasi produk sejak awal diproduksi
dan ketersediaan spare part asli maupun substitusi, tak perlu diragukan
lagi Tiger yang menang. Skor 1-1.
Honda Tiger Revo
Yamaha New Scorpio Z
Sepertinya sulit juga membuat artikel 2 motor ini. Untuk Honda, penulis memang sebagai user mulai dari generasi CB, GL160, GL150 sampai GL200 alias TIger. Motor sport honda adalah legenda dunia otomotif R2 di Indonesia, bahkan honda sport classic sampai sekarang benyak digemari. Tapi sepertinya era kejayaan Honda Tiger telah berlalu, di beberapa Dealer Resmi banyak Tiger displai (ready stock) yang nongkrong di sana sampai berbulan bulan, bahkan ada yang sampai berulang tahun. Beda dengan jaman tahun 2000an awal, stock unit Tiger selalu terbatas. Begitu datang unit langsung diserbu konsumen. Apakah ini pertanda user mulai jenuh? Silahkan Anda observasi sendiri.
Berikutnya Yamaha New Scorpio Z [NSZ]. Jika Byson adalah penjelmaan RX King yang pernah berjaya pada jamannya, boleh jadi NSZ adalah RX-Z yang terlahir kembali dalam tubuh 4tak modern. Hal ini terlihat jelas pada kemunculan pertama kali Yamaha Scorpio pada tahun 2001, tampak jelas struktur rangka sampai garis body sebagai reinkarnasi dari RX-Z. Tak beda jauh dengan Tiger, NSZ juga kurang mendapat respon antusias dari user. Hal ini akan terlihat wajar karena pada era keemasan 2tak yang lebih laris dan punya nama adalah RX King, sedangkan RX-Z hanya varian pelengkap yang kurang diminati.
Minggu, 07 April 2013
REBORN of New KING
Resolusi 2013 DONE [Byson Putih]
Ini tentang resolusi 2013 yang ku tulis 3 bulan lalu, ini petikanya:
Sabtu, 05 Januari 2013
Resolusi Tahun 2013 [PENTING]
YAMAHA Byson putih
Udah cukup lama juga tertunda buat
beli ne motor. Rasanya belum lengkap klo belum bisa punya si kebo kekar
andalan YAmaha ini. Tahun 2011 ga jadi beli gara2 inden lama, akhirnya
beli New Mega Pro. Trus tahun 2012 juga masih tertunda gara2 lebih
mentingin beli CB160 (cuma nurutin trend clasic)
Pertama tama aku ucap syukur kepada Allah SWT, karena satu demi satu proposal yang aku ajukan kepadaNya di awal tahun lalu mulai mendapat prsetujuan.
Alhamdulillahirobbilalamin
Tepatnya pada hari sabtu, 06 04 2013 sekitar jam 11 siang si byson putih sudah bisa ku bawa pulang. Sesuai dengan petikan diatas, sudah 2th lalu sbenernya byson putih ini kuincar. Tapi karena waktu itu masih langka jadi tertunda. Selanjutnya tinggal ngasi nama, sesuai dengan warna dan bentuknya yang kekar maka si putih aku kasi nama Byson POLICE. Kalo dirumah keliatan matching diparkir bersebelahan sama si CB160 Classic.
Awal mulanya kepengen beli byson gara2 geregetan lihat launchingnya di bromo yang bertajuk REBORN OF NEW KING. Terlihat sakral karena acara launching diselengarakan di Gnung Bromo dengan upacara penyambutan menghadirkan kesenian tradisional Reog Ponorogo.

Fakta penting tentang Yamaha Byson:
- Byson Adalah Penjelmaan RX King
- Shock Breaker Byson Terbesar.
- Ban Byson Terbesar di Kelasnya.
- Velg Alloy Byson Paling Lebar di Kelasnya.
- Byson Adalah Motor Sport Touring dengan Disain Paling Radikal.
- Speedo Meter Full Digital..
- Byson Punya Cover Tangki Seperti Super Bike.
- Sistem Knalpot Byson Dooble Selencer.
- Resale Value Byson Paling Tinggi.
Kelemahan Byson [Sekaligus saran untuk YMI buat Next Generation]
- Rem belakang.
- Lubang kunci kontak tanpa cover pengaman.
Langganan:
Postingan (Atom)