Selasa, 09 April 2013

Sejarah Lahirnya Byson Indonesia

Ini dia pelopor kemunculan Yamaha Byson Indonesia, Yamaha YZ. Karena versi CBU YZ masih menggunakan mika lampu sein berwarna kuning, hal ini adalah aturan baku undang undang lalu lintas yang berlaku secara Internasional.
  
Sedangkan pada warna hitam di bawah ini terlihat ada frame pengaman di sisi kiri belakang. Ini adalah pengaman khusus yang wajib diterapkan pada motor yang dipasarkan di India, berfungdi sebagai pengaman sari (baju tradisional wanita india)
 
Berikutnya mari kita simak generasi Byson yang dipasarkan di Indonesia mulai tahun 2010. Byson 2013 adalah keluaran terbaru Yamaha Byson di Indonesia. Selama kemunculanya pada 2010 silam, Byson sudah tiga kali berganti striping, terakhir pada 2013 disertai perubahan warna hitam pada frama lampu, Chasis samping dan segitiga cover filter, serta cover knalpot. Selain menambah nuansa kekar dan utuh, hal ini juga dimaksudkan untuk menyamarkan bentuk kick starter yang terlihat aneh.
 Warna Putih
 2010
 2012
 2013
 Warna Hitam
2010
2012
Warna Biru
2010
2012
2013
Warna Merah
2010
2012
2013
Warna Gold
 Warna Gold hanya hadir di varian tahun 2012

Berikut ini sepsifikasi Yamaha Byson

Dimensi :

PxLxT : 2.075 mm x 780 mm x 1.045 mm
Jarak sumbu roda : 1.334 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 790 mm
Berat isi : 135 kg
Kapasitas tangki bensin : 12 liter

Mesin :
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, 2 klep, berpendingin udara
Jumlah/posisi silinder : Silinder tunggal/tegak
Volume silinder : 153 cm3
Diameter x langkah : 58,0 x 57,9
Perbandingan kompresi : 9,50:1
Daya maksimum : 10,1 PS / 7.500 rpm
Torsi maksimum : 10,5 Nm / 5.500 rpm
Sistem starter : Elektrik starter dan kick starter
Sistem pelumas : Basah
Kapasitas oli mesin : Total 1,2 liter, pergantian berkala 1 liter
Tipe karburator : Mikuni BS26X1
Tipe kopling : Basah, kopling manual
Tipe transmisi : 5 percepatan (1-N-2-3-4-5)

Rangka :
Tipe rangka : Diamond
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Suspensi Monocross
Ban depan : Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ban belakang : Tubeless 120/70-17M/C 58P
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Tromol

Kelistrikan :
Sistem pengapian DC CDI
Battery : YTZ5S (MF Battery)
Tipe busy : NGK CPR 8EA-9

1 komentar: