Senin, 02 September 2013

Ganti Kunci Kontak Yamaha Byson

- W A R N I N G -

Buat pemakai Byson harap lebih wapada! Ane baru aja ngalamin percobaan pencurian, tp Alhamdulillah gagal. Modusnya clasic bro, pelakunya 2 pemuda tanggung. Satu masuk galeri ane pura2 mo beli barang, trus si cecunguk satu lagi ngerjain motor yg ane parkir di depan galeri. Kunci kontak berhasil dijebol pake kunci T, tapi waktu motor mo d starter mesin ga bisa idup. Emang dasar malingnya yg belom rejeki apa motornya yg masi demen ama ane, hanya Tuhan yang tau. Intinya ane bersyukur masih diberi kepercayaan sama Tuhan buat ngerawat neh motor

 
 Kondisi lubang kunci sebelum dibobol dengan kunci T

Buat bro2 semua penungang kebo kekar harap lebih waspada aja. Ane mo bagi sedikit tip agar si kebo kekar tetap aman jadi tungangan pribadi bro2 para biker sejati:
Dalam kondisi standar, motor yang kita pake sudah sudah terlindungi paling tidak oleh 3 hal, kunci setir, lingkungan sekitar, dan kita sebagai pemilik.
Pertama, jaman sekarang kunci setir sudah bukan elemen pengaman. Hanya dalam hitungan 3 detik bisa dilumpuhkan sampai motor bisa distarter sampai mesin idup. Kedua lingkungan, jaman dulu lingkungan yang sepi adalah zona operasi yang ideal bagi maling motor, tapi itu dulu. Jaman sekarang, dilingkungan yang ramai sekalipun mereka bisa leluasa beroperasi dengan tehnik kamuflase, maupun kekerasan. Ketiga, kita sebagai pemilik mustinya tau kondisi ideal parkir motor yang aman dengan cara lebih selektif memilih tempat parkir umum, memasang kunci pengaman tambahan, atau kunci rahasia (immobilizer). Tapi perlu diingat, motor bisa hilang bukan hanya dalam kondisi parkir, dalam kondisi jalan bisa saja terjadi perampasan. Paling aman harus di cover asuransi minimal TLO, dan berdoa untuk keselamatan diri, kendaraan, dan barang bawaan kita.
 
Ada juga yang protes tetang kondisi standar kunci kontak byson yang tanpa cover magnetic. Masuk akal juga sih, tapi itu bukan jaminan. Cover magnetik bukan alat pengaman motor dari maling. Cover magnetik hanya alat penghambat, atau sarana pengulur waktu. Pihak YMKI tentunya juga sudah memikirkan untuk aplikasi cover magnetik pada kunci kontak byson untuk generasi byson berikutnya. Byson yang sekarang ga pake cover magnetik soalnya udah over budget. Faktanya, Yamaha Byson adalah type motor lini sport yang dilaunching YMKI dengan harga PALING MURAH dikelasnya. Paling murah karena part yang disematkan di tubuh kebo kekar ini kebanyakan milik kelas motor diatas 150cc dengan harga diatas 30jt. Lihat saja contoh kecil pada shock depan, velg, dan ban, bahkan tidak ada motor standar sport 150cc di Indonesia yang memakai part segede Byson. Sementara pihak marketing YMKI harus memikirkan strategi harga jual standar dikelasnya yang sementara ini ketemu pada kisaran diatas 20jt, tapi harus dibawah 23jt. Pantas aja kalo diaspek lain ada hal2 yang agak sedikit dihemat, tapi bukan dikesampingkan. Bagian part yang dihemat terlihat jelas pada rem belakang yang masih pake drum break, dan kunci kontak yang tidak mengaplikasi cover magnetik.

Buat bro pegungang byson yang kebetulan mengalami percobaan pencurian tidak perlu berkecil hati, putus asa, atau malah tobat ga mau nungang byson lagi, jangan ya.. Paling tidak ini jadi pelajaran, peringatan, atau sarana untuk lebih bersyukur kepada Tuhan karena kita masih dilindungi dari segala marabahaya dan musibah. Segera ganti kunci kontak yang rusak dengan yang baru, usahakan berli ori ya. Harganya sangat terjangkau, harga eceran resminya dibawah 200rb, atau ada yang jual tertinggi 203rb udah fullset kunci kontak sama kunci 2 biji, tutup tangki, dan kunci bagasi.
 
 
Gunakan Yamaha Genuine Part

  
Fullset kunci kontak, tutup tangki, dan kunci bagasi

Kalo ga mau antri di service centre, bisa pasang sendiri. Cukup beli kunci kontaknya fullset terus bawa pulang pasang dirumah, cara pasangnya juga gampang.
 
Siapkan tool:
Kunci ring 10, dan 12 atau kunci shock 12 dan 12
Kunci pas 12
Obeng + dan -
Kunci L

Selanjutnya tinggal proses pengerjaan. Mulai dari melepas kunci kontak yang rusak. Gunakan kunci ring 10 atau paling ideal pake kunci shock. Baut ada di bagian bawah segitiga atas kanan dan kiri.

 
 Buka baut dengan kunci ring 10

Setelah kedua baut berhasil dilepas, cabut dua kabel kunci dari soketnya. Kemudian keluarkan kunci kontak dari kolong bawah segitiga atas.
 
 Kondisi lubang kunci yang rusak

Pasang kunci kontak baru mengantikan yang rusak. Setelah kedua baut dipastikan menancap dengan benar dan kuat, berikutnya pasang kabelnya ke soket. Masukkan kunci kemudian putar pada posisi ON, jika indikator menyala dan motor bisa distarter berarti prosesnya sudah benar. Jika ternyata indikator tidak menyala, periksa kembali sambungan soket dan sekring batteray.  Pastikan fungsi kunci setir, Off, dan ON sudah berfungsi dengan normal.

 
 Kunci kontak baru sudah rapi terpasang

Setelah kunci utama terpasang, lanjutkan dengan menganti tutup tangki bahan bakar. Tidak perlu pake tool, tinggal tuker aja sama tutup bensin yang baru.

 
 Tutup tangki bahan bakar lama

Tutup tangki bahan bakar baru

Langkah terakhir adalah mengganti kunci bagasi. Pertama buka jok dengan kunci lama. Lanjutkan dengan membuka cover body samping kanan kiri sampai bagian ekor. Untuk memudahkan bisa buka terlebih dahulu cover body kanan dan kiri dengan kunci L dan obeng +.

 Buka baut bagian depan dengan kunci L

 
Buka baut tengah dengan obeng +

Setelah kedua baut terbuka kanan dan kiri, lepaskan cover body kanan kiri dengan cara menarik keluar perlahan dari sisi atas. Kuncian knop dengan bantalan karet ada dibagian bawah tangki bahan bakar dan di tengah, sementara bagian bawah terdapat knop karet yang bisa dibuka dengan menarik keatas. Berikutnya lepaskan semua baut pada body belakang.

 
Buka baut dibawah body bagian belakang dengan obeng +

Buka baut di bawah body tengah dengan obeng +

Buka baut dalam bagian tengah dengan kunci ring 10


Buka baut body belakang atas dengan obeng +

Buka baut behel belakang dengan kunci ring 12

 
Buka baut behel dari dalam dengan kunci ring 12 

Setelah semua baut body belakang dan behel terlepas, total ada 12 baut selanjutnya tinggal menarik kebelakang body belakang sampai terlepas sempurna. Setelah body belakang terlepas, lepaskan juga penutup karet yang menutupi mekanis kunci bagasi. Tidak perlu pake tool, cukup tarik keatas akan terlepas dengan sendirinya. Dari sini konstruksi sederhana kunci bagasi mulai terlihat dengan jelas, tapi baut + penahan rumah kunci belum bisa terbuka kerana tertutup chasing plastik yang menyatu dengan penutup stop lamp bagian atas. Tahap selanjutnya lepaskan chasing plastik ini dengan mencongkel knop menggunakan obeng - dari dalam. Total ada 6 knop di kanan kiri, 2 berada di bawah jok dan 4 lainya ada di kolong spatbor belakang.

 
Lepaskan karet penutup dengan cara menarik keatas.


 
Posisi knop di bawah jok bagian kiri, congkel dengan obeng -


Posisi knop di bawah jok bagian kanan, congkel dengan obeng -

 
Posisi knop luar, congkel dengan obeng - dari kolong spatbor.

Jika ke 6 knop sudah terlepas, tarik chasing plastik ke belakang sampai terlepas. Lihat disebelah kiri dekat lubang kunci bagasi sudah terlihat baut + penahan rumah kuncinya. Lepaskan bautnya dengan obeng +, angkat rumah kuncinya keatas kemudian lepaskan juga seling pengaitnya.

  
Buka baut dan lepaskan seling pengait

 
Pasang kembali rumah kunci baru

Ganti rumah kuncinya dengan yang baru, kemudian pasang kembali cover body dan rapikan. Pasang jok lalu buka dengan kunci baru, jika bisa terbuka dengan lancar berarti pemasangan sudah benar.

1 komentar: