Kamis, 05 September 2013

Tip Aman Berkendara








Tip aman berkendara, khusunya R2. Hal paling utama adalah kondisi motor harus sesuai standar. Berikutnya kondisi pengendara juga harus ideal, artinya pengendara dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Sangat berbahaya jika maksain naek motor dalam kondisi ngantuk, sakit, atau sedang mengonsumsi obat obatan. Kelengkapan standar pngendara motor sesuai peraturan keselamatan yang berlaku secara internasional adalah:
  1. Mengunakan helm. Tentunya helm yang sesuai standar, yaitu menutup kepala bagian atas dan belakang secara keseluruhan sampai ke bagian telinga dan dilengkapi visor. Lebih aman jika memakai helm full face yang pempunyai pelindung sampai bagian dagu.
  2. Menggunakan jaket. Jaket yang direkomendasikan untuk naik motor adalah jenis jaket dengan bahan tebal yang tahan air. Mempunyai ukuran yang pas dengan badan pengendara, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit. Jaket berwarna cerah atau warna gelap yang mempunyai gradasi cerah (forsor line) dibagian depan dan belakang.
  3. Menggunakan sepatu. Jenis sepatu paling ideal untuk biker adalah sepatu yang menutup sampai dengan mata kaki. Menggunakan sol simpel yang tidak menggangu pergerakan kaki saat berkendara.
  4. Terakhir yang tak kalah penting adalah mengunakan pakaian lengkap, baju, dan celana panjang berbahan tebal. Sangat aneh apabila Anda berkendara dengan mengunakan helm, jaket, dan sepatu lengkap tetapi hanya mengunakan celana pendek atau sarung alias sangkar burung, hehehe..
Sebelum mulai berkendara ada baiknya memeriksa kembali kondisi motor, lengkap dengan surat2nya, dan jangan lupa harus punya SIM, tidak perlu A atau B1 cukup SIM C aja. Patuhi peraturan lalu lintas, dan jaga etika berkendara. Tak kalah penting berdoalah agar diberi kelancaran dan keselamatan diri dan penguna jalan lain dalam berkendara.

1 komentar: